04 September 2008

Mama ku, Guru setia ku


Jadi inget waktu kecil, pertama kali di ajarin shalat ama mama ku. Aku ingat waktu itu aku umur 5 tahun, dan adik ku masih kecil tapi udah bisa merangkak-rangkak. Mama nuntun aku buat belajar shalat, mulai dari tatacara berdiri, menghadap kiblat dan sampai mengucapkan niat shalat [tapi yang bacainnya mama], kemudian takhbiratul ihram, membaca doa iftitah trus membaca alfatihah dan surat yang ada dalam al-quran, kemudian ruku, setelah itu i'tidal, lalu sujud, bangkit sebentar [duduk iftisary] lalu sujud lagi dan kemudian berdiri melanjutkan rakaat kedua, hanya saja di rakaat kedua itu setelah sujud dua kali tidak langsung berdiri, duduk aga' lama sebentar [tasyahhud] namanya. Yaaa,,begitulah selanjutnya! Hanya saja ada raka'at yang beda. Subuh [2 Raka'at], Dzuhur [4 Raka'at], Ashar [4 Raka'at], Maghrib [3 Raka'at], Isya [4 Raka'at]. Jika Raka'atnya ada 4 [empat], tasyahhud dilakukan di raka'at kedua dan ke empat /namanya tasyahhud awal dan tasyahhud akhir, di tasyahud akhir kita harus membaca shalawat nabi/, jika ada 3 raka'at, dilakukan di raka'at ke dua dan ketiga, jika dua rakaat hanya dilakukan di raka'at kedua saja tapi membacanya di gabungkan antara tasyahhud dan shalawat nabi.
Hmmmm,,,masa kecil itu ga akan aku lupakan. Aku yang hanya jungkal-jungkel mempraktekan shalat dan mama yang disamping aku yang bacain semuanya [kan dulu aku masih kecil, jadi belum hafal... :D ], eh udah gitu pas aku lagi sujud, adik aku yang masih kecil kan juga ikut-ikutan nimbrung, eh dia malah nunggangin punggung aku, di sangkanya ngajak main kuda-kudaan kali yah,,, :D padahal kan aku lagi sujud,,,,
Lucu banget pengalaman belajar shalat aku, makasih banget buat mama yang ga henti-hentinya ngajarin aku shalat, ampe sekarang semuanya udah hafal... :) Alhamdulilah...

Tidak ada komentar: